Kamis, 28 Januari 2010

MOTIVASI COLUMN

Buletin PPNI RSUD Kraton Pekalongan Edisi 6 Tahun II, Januari 2010



Katak Dalam Tempurung

Seekor katak lama terkurung dalam tempurung kelapa.Suatu hari ia berhasil keluar dari tempurung yang mengurungnya selama ini, dengan gembira ia melompat kegirangan menikmati kebebasannya.Dalam perjalanan ia bertemu katak lain, namun ia heran mengapa katak itu bisa melompat  lebih tinggi dan lebih jauh darinya. Dengan penasaran diapun bertanya, "Mengapa kau bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh dariku, padahal kita jauh berbeda dari usia maupun ukuran tubuh ?". Katak  itu menjawab dengan balik bertanya, " Dimanakah kau tinggal selama ini?" Semua katak yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan."

Saat itu si katak baru tersadar, bahwa ia selama ini terkurung dalam tempurung, hal itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi katak lain yang hidup di alam bebas.

Sering kali kita manusia, tanpa sadar pernah juga mengalami hal yang sama dengan katak tersebut. Lingkungan yang buruk, hinaan, cacian, trauma masa lalu, kegagalan beruntun, perkataan teman, tradisi dan semua itu membuat kita terpenjara dalam kotak semu yang mementahkan potensi  kita.
Sering kita mempercayai mentah-mentah apa yang mereka voniskan kepada kita tanpa berfikir lebih dalam, bahwa hal itu memang benar atau benarkah kita selemah itu? Lebih parah lagi, acap kali kita lebih memilih mempercayai mereka daripada mempercayai diri kita sendiri.

Sebagai manusia kita mampu berjuang, tidak menyerah begitu saja kepada apa yang kita alami. Karena itu, teruslah berusaha mencapai segala aspirasi positif yang ingin kita capai. Sakit memang, lelah memang, tetapi jika kita sudah sampai puncak, semua pengorbanan pasti akan terbayar. Pada dasarnya, kihidupan kita akan lebih baik kalau kita mau hidup dengan hidup pilihan kita sendiri, buakan dengan cara yang dipilihkan orang lain untuk kita.


                                                                        @@@@

 

0 komentar:

Posting Komentar