Senin, 25 Januari 2010

TAHUKAH ANDA ...???

Buletin PPNI RSUD Kraton Pekalongan Edisi 6 Tahun II, Januari 2010


IQ & EQ

Seorang ahhli psikologi, Joseph harry mengeluarkaan suatu teori bahwa selain IQ ( intellegent Quotient ) dan EQ ( emotional quotient ) ada unsur lain yang memeiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hidup karir seseorang. Dalam bukunya Managing partner Harry, Doyle Consultant diterangkan adanya AQ ( adversity quantity ). Ia memulai penelitiannya dari kenyatan bahwa seseorang yang memiliki IQ tinggi namun sering kali mengalami kegagalan dalam karir kerja, dalam beradaptasi dilingkungan dan rasa sosialisasi yang rendah. Hal ini menyebabkan dibutuhkannya EQ dalam diri individu. dengan EQ individu dapat mudah beradaptasi, memiliki rasa empati yang tinggi, mudah menguasai diri, mengasah naluri, berkomunikasi dan tenang dalam mengambil keputusan. selanjutnya peneltian berkembang dengan adanya fakta lain yakni semakintinggi karir individu, maka semakin banyak masalah yang dihadapi dan hal inilah yang mendorong para HRD ( Human Resources Development ) supervisor mencari pegawai dengan nilai AQ ( adversity quantity ) yang tinngi, artinya orang yang tangguh, tenang menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari alternatif solusi masalah tersebut :

Bagaimana memaksimalkan 3Q anda ???
  1. Pakailah akal fikiran untuk berusaha survive di dunia, itu berarti seseorang yang memiliki IQ tinggi namun belum dipakai untuk berfikir maka ia akan mengalami kegagalan.
  2. Mampu menjalin hubungan dengan tuhan dan sesama manusia dengan baik. hal inilah yang akan mengasah EQ sealin IQ, itu berarti harus bisa melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Sebagai contoh : seseorang atasan harus adil terhadap bawahannya, seorang atasan harus memberi peluang bagi bawahannya untuk terus mengembangkan diri dan mengasah kemampuan sehingga akan terlahir pekerja-pekerja yang profesional. sebagai seorang bawahan juga harus bertangungjawab dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya, selain itu juga mempunyai kesadaran tiinggi untuk terus belajar dan mengasah kemampuannya agar profesional dalam pekerjaannya.
  3. Selalu berdoa, berusaha secara maksimal dan tidak mudah berputus asa serta selalu tawakal terhadap hasil akhir akan menjadikan hati tenang dalam menghadapi setiap masalah. dengan tenang menjadikan mudah untuk berfikir logis sehingga memudahkan terselesaikannya setiap masalah.
Bagaimanakah dengan anda ???? Mari bersama-sama.. segenap komunitas keperawatan...memaksimalkan 3Q kita tunjukkan bahwa kita memang PROFESIONAL dan layak untuk di HARGAI oleh profesi lain

0 komentar:

Posting Komentar